Sondag 12 Oktober 2014

ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK PRODUK LAYANAN  PT TELKOM Tbk

LATAR BELAKANG
Objek penelitian ini merupakan objek penelitian yang cukup menarik dalam subdisiplin ilmu pemasaran, keterbatasan teori teori dan temuan dalam penelitian akan ruang dan waktu dalam ilmu sosial termasuk ekonomi, menjadikan dialektika dalam ilmu sosial sangat dinamis, termasuk dalam ilmu ekonomi dan manajemen, penelitian terkait dengan objek penelitian ini adalah penelitian yang tidak pernah sepi dengan temuan dan laporan premis empiric dari banyak peneliti dari berbagai belahan dunia. Ini merupakan salah satu latarbelakang yang kemudian menjadi cikal bakal masuknya peneliti pada bidang riset ini.
Brand awareness merupakan suatu indicator tertentu dalam aktivitas pemasaran untuk mengukur tentang seberapa jauh pengetahuan konsumen tentang suatu merk. Secara teoritik Brand Awareness adalah Kemampuan konsumen untuk mengidentifikasikan atau mengenal merek ( Rositter dan Percy 1987). Brand awareness terdiri dari pengenalan merek dan ingatan merek ( Keller 1993). Dalam konteks riset ini, brand awareness peneliti jadikan sebagai variabel y (dependen) yang merupaka objek pengaruh dari variabel x (independen) yang mempengaruhinya.
Loyalitas konsumen adalah indicator untuk mengukur tingkat pembelian berulang konsumen terhadap produk produk suatu merek tertentu.Secara teoritik Customer Loyalty (Loyalitas Pelanggan) adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk atau jasa terpilih secara konsisten di masa yang akan datang. Meskipun pengaruh situasi dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku. Menurut Oliver loyalitas konsumen adalah suatu komitmen yang kuat untuk membeli kembali produk atau jasa secara konsisten di masa yang akan datang, walaupun pengaruh dan dorongan pemasaran berpotensi untuk menyebabkan perubahan prilaku. Menurut Stewart Pearson loyalitas pelanggan merupakan kecenderungan pelanggan untuk berprilaku dalam menghadapi persaingan dan pilihan sehingga dapat memaksimalkan nilai panjang.
Boulding (dalam Ali Hasan, 2008:83) mengemukakan bahwa terjadinya loyalitas merek pada konsumen disebabkan oleh adanya pengaruh kepuasan dan ketidakpuasan terhadap merek tersebut yang terakumulasi secara terus – menerus disamping adanya persepsi tentang kualitas produk. Menurut Zeithaml, Kepuasan konsumen sangat penting karena akan berdampak pada kelancaran bisnis atau perusahaan. Pelanggan yang merasa puas pada produk/jasa yang digunakannya akan kembali menggunakan jasa/produk yang ditawarkan. Hal ini akan membangun kesetiaan pelanggan. Kualitas pelayanan dan kepuasan, menurut Tjiptono (2002 : 54) mempunyai hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin hubungan yang kuat dengan perusahaan”. Pada jangka panjang ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan untuk memahami harapan serta kebutuhan pelanggan. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dimana perusahaan memaksimalkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimalkan pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan.
Karena pentingnya loyalitas terhadap kelangsungan hidup perusahaan, maka perusahaan harus secara kontinue menjaga dan meningkatkan loyalitas dari para pelanggannya. Oleh karena itu untuk membangun loyalitas pelanggan, perusahaan harus memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga perusahaan dapat lebih memahami akan kebutuhan, keinginan dan harapan-harapan para pelanggannya. Salah satu elemen peamsaran yang dapat dijadikan
PT Telkom Tbk merupakan suatu korporasi matang dan bonafide pada sector telekomunikasi sehingga akan memudahkan observasi penelitian. PT Telkom Tbk merupakan emiten dalam pasar modal yang cukup superior dengan pertumbuhan yang cukup dramatis dan signfikan. Emiten ini secara frekuensif memasuki indek indeks benchmark (acuan) dalam bursa saham seperti indeks LQ45, Indeks SP 100. PT Telkom Tbk adalah salah satu perusahaan pada sector telekomunikasi yang merupakan korporasi BUMN yang sebagian besar kepemilikannya oleh pemerintah. Bergerak dengan banyak anak perusahaan dengan lini bisnis yang sangat diversifikatif dan luas. Salah satu latar belakang kenapa peneliti kemudian memilih objek dan scope penelitian ini adalah karena kredibilitas korporasi objek riset yang sudah sangat bonafide dan merupakan BUMN asset pemerintah dengan posisi sebagai Market Leader dengan Market Share yang dominan dibanding pemain pemain swasta yang ada dalam industri telekomunikasi Indonesia.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan observasi terhadap objek riset dengan studi kepustakaan terhadap Grand Theory yang telah mapan dalam bidang pemasaran dan beberapa temuan empiric yang relevan dengan objek penelitian ini, maka kemudian kami menyimpulkan bahwa permasalahan pokok dalam penelitian ini antara lain :
1.      Apakah ada pengaruh brand awareness terhadap loyalitas pelanggan pada produk produk layanan  PT Telkom Tbk ?
2.      Bagaimana signifikansi pengaruh brand awareness terhadap loyalitas pelanggan pada produk produk layanan  PT Telkom Tbk ?

TUJUAN
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini antara lain :
1.      Mengetahui pengaruh brand awareness terhadap loyalitas pelanggan pada produk produk layanan  PT Telkom Tbk.
2.      Mengetahui signifikansi pengaruh brand awareness terhadap loyalitas pelanggan pada produk produk layanan  PT Telkom Tbk.

HIPOTESIS
Berpijak pada landasan teoritik yang ada serta penelitian penelitian yang terkait dengan objek penelitian ini, maka kemudian peneliti merumuskan beberapa hipotesis, antara lain :
1.      Brand awareness berhubungan secara positive atau berbanding lurus terhadap loyalitas konsumen pada produk produk layanan PT Telkom Tbk. Diduga semakin tinggi brand awareness nya semakin tinggi loyalitas konsumen terhadap suatu produk.
2.      Brand Awareness berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada produk produk layanan PT Telkom Tbk.


METODOLOGI
Metodologi yang digunakan peneliti dalam penelitian ini, antara lain :
1.      Metodologi penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi linier sederhana (y= a + b x) dan analisis korelasi (r) untuk menyelidiki pengaruh brand awareness terhadap loyalitas pelanggan pada produk produk layanan  PT Telkom Tbk. Metode pengumpulan data secara time series dengan mengumpulkan data data sekunder serta studi kepustakaan (Library Research) untuk menguatkan landasan dan memudahkan pengembangan penelitian.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan Analisis Koefisien Determinasi (r square) untuk mengukur signifikansi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh brand awareness terhadap loyalitas pelanggan pada produk produk layanan  PT Telkom Tbk. Metode pengumpulan data secara time series dengan mengumpulkan data data sekunder serta studi kepustakaan (Library Research) untuk menguatkan landasan dan memudahkan pengembangan penelitian.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking