ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP LOYALITAS
PELANGGAN PADA PRODUK PRODUK LAYANAN PT
TELKOM Tbk
LATAR
BELAKANG
Objek
penelitian ini merupakan objek penelitian yang cukup menarik dalam subdisiplin
ilmu pemasaran, keterbatasan teori teori dan temuan dalam penelitian akan ruang
dan waktu dalam ilmu sosial termasuk ekonomi, menjadikan dialektika dalam ilmu
sosial sangat dinamis, termasuk dalam ilmu ekonomi dan manajemen, penelitian
terkait dengan objek penelitian ini adalah penelitian yang tidak pernah sepi
dengan temuan dan laporan premis empiric dari banyak peneliti dari berbagai
belahan dunia. Ini merupakan salah satu latarbelakang yang kemudian menjadi
cikal bakal masuknya peneliti pada bidang riset ini.
Brand
awareness merupakan suatu indicator tertentu dalam aktivitas pemasaran untuk
mengukur tentang seberapa jauh pengetahuan konsumen tentang suatu merk. Secara
teoritik Brand Awareness adalah Kemampuan
konsumen untuk mengidentifikasikan atau mengenal merek ( Rositter dan Percy
1987). Brand awareness terdiri dari pengenalan merek dan ingatan merek (
Keller 1993). Dalam konteks riset ini, brand awareness peneliti jadikan sebagai
variabel y (dependen) yang merupaka objek pengaruh dari variabel x (independen)
yang mempengaruhinya.
Loyalitas
konsumen adalah indicator untuk mengukur tingkat pembelian berulang konsumen
terhadap produk produk suatu merek tertentu.Secara teoritik Customer Loyalty
(Loyalitas Pelanggan) adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk
berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk atau jasa terpilih
secara konsisten di masa yang akan datang. Meskipun pengaruh situasi dan
usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku. Menurut Oliver
loyalitas konsumen adalah suatu komitmen yang kuat untuk membeli kembali produk
atau jasa secara konsisten di masa yang akan datang, walaupun pengaruh dan
dorongan pemasaran berpotensi untuk menyebabkan perubahan prilaku. Menurut
Stewart Pearson loyalitas pelanggan merupakan kecenderungan pelanggan untuk
berprilaku dalam menghadapi persaingan dan pilihan sehingga dapat memaksimalkan
nilai panjang.
Boulding (dalam
Ali Hasan, 2008:83) mengemukakan bahwa terjadinya loyalitas merek pada konsumen
disebabkan oleh adanya pengaruh kepuasan dan ketidakpuasan terhadap merek
tersebut yang terakumulasi secara terus – menerus disamping adanya persepsi
tentang kualitas produk. Menurut Zeithaml, Kepuasan konsumen sangat penting karena akan berdampak
pada kelancaran bisnis atau perusahaan. Pelanggan yang merasa puas pada
produk/jasa yang digunakannya akan kembali menggunakan jasa/produk yang
ditawarkan. Hal ini akan membangun kesetiaan pelanggan. Kualitas pelayanan dan
kepuasan, menurut Tjiptono (2002 : 54) mempunyai hubungan yang erat dengan
kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk
menjalin hubungan yang kuat dengan perusahaan”. Pada jangka panjang ikatan
seperti ini memungkinkan perusahaan untuk memahami harapan serta kebutuhan
pelanggan. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan
dimana perusahaan memaksimalkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan
meminimalkan pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan.
Karena pentingnya loyalitas terhadap kelangsungan hidup
perusahaan, maka perusahaan harus secara kontinue menjaga dan meningkatkan
loyalitas dari para pelanggannya. Oleh karena itu untuk membangun loyalitas
pelanggan, perusahaan harus memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan
sehingga perusahaan dapat lebih memahami akan kebutuhan, keinginan dan harapan-harapan
para pelanggannya. Salah satu elemen peamsaran yang dapat dijadikan
PT
Telkom Tbk merupakan suatu korporasi matang dan bonafide pada sector
telekomunikasi sehingga akan memudahkan observasi penelitian. PT Telkom Tbk
merupakan emiten dalam pasar modal yang cukup superior dengan pertumbuhan yang
cukup dramatis dan signfikan. Emiten ini secara frekuensif memasuki indek
indeks benchmark (acuan) dalam bursa saham seperti indeks LQ45, Indeks SP 100.
PT Telkom Tbk adalah salah satu perusahaan pada sector telekomunikasi yang
merupakan korporasi BUMN yang sebagian besar kepemilikannya oleh pemerintah.
Bergerak dengan banyak anak perusahaan dengan lini bisnis yang sangat
diversifikatif dan luas. Salah satu latar belakang kenapa peneliti kemudian
memilih objek dan scope penelitian ini adalah karena kredibilitas korporasi
objek riset yang sudah sangat bonafide dan merupakan BUMN asset pemerintah
dengan posisi sebagai Market Leader dengan
Market Share yang dominan dibanding
pemain pemain swasta yang ada dalam industri telekomunikasi Indonesia.
RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan
observasi terhadap objek riset dengan studi kepustakaan terhadap Grand Theory
yang telah mapan dalam bidang pemasaran dan beberapa temuan empiric yang
relevan dengan objek penelitian ini, maka kemudian kami menyimpulkan bahwa
permasalahan pokok dalam penelitian ini antara lain :
1.
Apakah ada pengaruh brand awareness
terhadap loyalitas pelanggan pada produk produk layanan PT Telkom Tbk ?
2.
Bagaimana signifikansi pengaruh brand
awareness terhadap loyalitas pelanggan pada produk produk layanan PT Telkom Tbk ?
TUJUAN
Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini antara lain :
1. Mengetahui
pengaruh brand awareness terhadap loyalitas pelanggan pada produk produk
layanan PT Telkom Tbk.
2. Mengetahui
signifikansi pengaruh brand awareness terhadap loyalitas pelanggan pada produk
produk layanan PT Telkom Tbk.
HIPOTESIS
Berpijak
pada landasan teoritik yang ada serta penelitian penelitian yang terkait dengan
objek penelitian ini, maka kemudian peneliti merumuskan beberapa hipotesis,
antara lain :
1. Brand
awareness berhubungan secara positive atau berbanding lurus terhadap loyalitas
konsumen pada produk produk layanan PT Telkom Tbk. Diduga semakin tinggi brand
awareness nya semakin tinggi loyalitas konsumen terhadap suatu produk.
2. Brand
Awareness berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada produk produk
layanan PT Telkom Tbk.
METODOLOGI
Metodologi
yang digunakan peneliti dalam penelitian ini, antara lain :
1. Metodologi
penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi linier sederhana (y= a + b x)
dan analisis korelasi (r) untuk menyelidiki pengaruh brand awareness terhadap
loyalitas pelanggan pada produk produk layanan
PT Telkom Tbk. Metode pengumpulan data secara time series dengan
mengumpulkan data data sekunder serta studi kepustakaan (Library Research) untuk menguatkan landasan dan memudahkan
pengembangan penelitian.
Metodologi penelitian
yang digunakan adalah dengan Analisis Koefisien Determinasi (r square) untuk
mengukur signifikansi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh brand awareness terhadap
loyalitas pelanggan pada produk produk layanan
PT Telkom Tbk. Metode pengumpulan data secara time series dengan
mengumpulkan data data sekunder serta studi kepustakaan (Library Research) untuk menguatkan landasan dan memudahkan
pengembangan penelitian.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking