Saterdag 01 Junie 2013

ANALISIS URGENTSI IMPLEMENTASI STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM MANAJEMEN PEMASARAN PERUSAHAAN “XYZ”


ASMIRUDDIN SAFAR
A21112284

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR
TAHUN AJARAN 2012/2013



1.1  Latar Belakang
Globalisasi telah menjadi keniscayaan hari ini. Arus komunikasi dan informasi berlangsung demikian cepat sehingga menjadi keharusan bagi suatu perusahaan untuk memiliki kesiapan baik dari segi kualitas maupun kuantitas untuk melakukan sebuah upaya bertahan dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, terlebih dengan bergulirnya era pasar bebas yang tentu saja memberikan pengaruh yang signifikan (langsung maupun tidak langsung) terhadap eksistensi perusahaan di dunia bisnis.
Salah satu contoh yang paling riil adalah banyaknya perusahaan jasa maupun produk yang harus keluar dari dunia bisnis karena ternyata perusahaan dengan segala perangkatnya tidak mampu bertahan dalam menghadapi tempaan – tempaan ketidakpastian, apatah lagi hal tersebut diperparah dengan perubahan dunia bisnis yang terjadi hampir dalam hitungan detik.
Dengan adanya fenomena tersebut suatu perusahaan tentu saja harus memiliki sebuah instrumen dan perangkat analisis yang memadai untuk menghilangkan atau paling tidak meminimalisasi kondisi yang tidak menguntungkan tersebut. Sehingga hanyalah perusahaan yang mampu membaca dan memahami setiap ancaman maupun peluang yang ada untuk dapat menjadi pemenang atau paling tidak dapat bertahan agar perusahaan tetap sustainable. Sementara perusahaan yang tidak mampu melakukan pembacaan terhadap ancaman dan peluang yang ada akan terdepak dari pertarungan bisnis.
Pada kondisi semakin rentannya perusahaan terhadap ancaman yang ada maka pemasaran nampaknya menjadi sebuah aksioma sebagai salah satu dimensi dunia bisnis yang terdeteksi atau dunia pemasaran akan selalu mengalami proses dinamisasi. Pemasaran dituntut untuk selalu melakukan refleksi terhadap setiap perubahan yang terjadi khususnya di dunia bisnis. Untuk itu para ilmuan dan praktisi pemasaran dituntut kemampuannya untuk membaca dan mengapresiasi secara maksimal segala gejala dan perubahan yang sedang terjadi.
Sebagaimana telah diketahui bahwa setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya selalu dilandasi tujuan untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan melalui pertumbuhan dan profitabilitas, sehingga dengan tujuan tersebut dituntut kemampuan para manajer dalam mengelola perusahaan secara holistik agar perusahaan dapat tumbuh dan berkembang. Namun, dalam usaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, seringkali perusahaan dihadapkan pada berbagai masalah, seperti kesulitan dalam meningkatkan penjualan, adanya persaingan yang cukup berat dari perusahaan sejenis, kompleksnya perilaku konsumen terhadap suatu produk, terutama selera konsumen yang selalu berubah dan juga kondisi perekonomian.
Sehubungan dengan adanya persaingan yang semakin ketat, maka persoalan yang dihadapi adalah bagaimana memproduksi barang, yang lebih penting lagi adalah bagaimana agar produk yang dihasilkan dapat diterima pasar. Dengan melihat kenyataan yang ada, maka perusahaan dituntut untuk bersikap tanggap dan adaptis terhadap setiap perubahan yang terjadi, serta memikirkan langkah – langkah dalam mengantisipasi kondisi tersebut.
Untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pemasaran pada masa sekarang, maka salah satu upaya yang dilaksanakan adalah perbaikan sistem pemasaran (marketing management) ke arah suatu sistem yang efektif. Pemasaran yang efektif dalam penerapannya bukan hanya sebagaimana meningkatkan volume penjualan tetapi mengamati tingkah laku konsumen, serta memenuhi selera dan preferensi konsumen melalui perbaikan kualitas, tempat yang mudah dijangkau, jumlah yang sesuai, dan harga yang tepat pula. Untuk itu diperlukan strategi baik jangka pendek maupun jangka panjang dengan melakukan kegiatan yang seksama tentang aspek pemasaran, khususnya dalam implemetasi strategi  segmentasi pasar.
Dalam rangka meraup profit yang optimal sebagai tujuan dari perusahaan, tentunya terlebih dahulu perusahaan harus mampu merebut pangsa pasar (market share) yang besar, dan mungkin akan tercapai bila perusahaan cukup jeli melihat apa kebutuhan dan preferensi konsumen, dan memetakannya dalam segmen – segmen berdasarkan kategori tertentu atau yang dikenal dengan istilah strategi segmentasi pasar. Keadaan demikian mengharuskan perusahaan membaca dan bertindak cepat agar tidak didahului oleh perusahaan lain yang menjadi kompetitornya.
Oleh karena itu, untuk menarik konsumen melakukan pembelian produk maka perusahaan harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang relevan dengan kondisi pasar yang dihadapi. Salah satunya adalah strategi segmentasi atau pemetaan target pasar dalam berbagai kategori untuk efektifitas pemasaran produk.
Seperti yang disampaikan pada bagian awal sub-bab ini bahwa globalisasi merupakan suatu keniscayaan, sehingga setiap perusahaan dituntut untuk adaptif terhadap perubahan yang terjadi. Memasuki era perdagangan bebas AFTA (Asean Free Trade Asociation) tahun 2003 lalu sampai sekarang, hampir semua organisasi bisnis menghadapi kompetensi dan tantangan dalam suatu lingkungan yang sarat dengan perubahan. Agar berhasil dalam kondisi seperti sekarang ini, diperlukan strategi pemasaran berorientasi pasar yang dapat mengantisipasi seluruh perubahan dalam preferensi dan selera konsumen, mengatasi ancaman persaingan dan memperkuat elemen – elemen manajemen pemasaran dalam memperkuat keunggulan bersaing.
Perubahan pola bersaing global tersebut mutlak memerlukan analisis terhadap segala kekuatan linkungan yang mempengaruhi perubahan secara sustainable. Menurut Jauch dan Glueck (1999 : 82) “perusahaan yang secara sistematis menganalisis linkungan akan lebih efektif daripada perusahaan yang tidak melakukannya.
Memandang hal tersebut, urgentsi atau pentingnya implementasi strategi segmentasi pasar dalam elemen – elemen  manajemen pemasaran perusahaan. Karena hal tersebut dipandang sebagai masalah yang krusial dan sangat relevan dengan atmosfir kopetisi lingkungan bisnis saat ini.
Mengacu pada latar belakang tersebut di atas, maka penulis tertarik memilih judul dalam penulisan karya tulis ilmiah ini, yaitu : “ Analisis Urgentsi Implementasi Strategi Segmentasi Pasar dalam Manajemen Pemasaran Perusahaan “XYZ””.
                                                                                        
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dikemukakan, maka rumusan masalah yang diangkat adalah :
1.      Apakah urgentsi iplementasi strategi segmentasi pasar dalam manjemen pemasaran perusahaan  “XYZ”.
2.      Bagaimana implementasi strategi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan “XYZ” dan regulasi fleksibilitas strategi dalam beradaptasi dengan perubahan yang terjadi secara cepat dalam lingkungan bisnis.
3.      Bagaimana pengembangan strategi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan “XYZ” dalam rangka meningkatkan kontribusinya secara simultan terhadap omzet penjualan perusahaan dalam menghadapi masalah krusial dalam lingkungan bisnis.

1.3  Tujuan dan Manfaat Penelitian
 Tujuan Penelitian
a.      Untuk mengetahui urgentsi implementasi strategi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan “XYZ”.
b.      Untuk mengetahui metode implementasi strategi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan “XYZ” dan regulasi fleksibilitas strategi dalam beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis.
c.       Untuk mengetahui metode pengembangan strategi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan “XYZ” dalam rangka meningkatkan kontribusinya secara simultan terhadap omzet penjualan perusahaan dalam menghadapi masalah kruisal dalam lingkungan bisnis.
d.      Sebagai sarana pemenuhan kewajiban mahasiswa berupa tugas akhir dalam mata kuliah Bahasa Indonesia.
Manfaat Penelitian
a.      Sebagai bahan referensi dan masukan bagi perusahaan ataupun elemen lain yang berkepentingan dalam hal pengambilan keputusan mengenai strategi pemasaran yang tepat untuk produknya.
b.      Sebagai acuan bagi yang ingin mengembangkan suatu karya ilmiah yang identik dengan tema karya tulis ilmiah ini, ataupun sebagai bahan analisis komparatif yang sama dengan karya tulis ilmiah ini.

1.4 Tinjauan Pustaka dan landasan teori
1.4.1 Pengertian Pemasaran
             Pemasaran sebagai salah satu fungsi dari kegiatan perusahaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mempertahankan kelangsungan perusahaan, mengembangkan usaha serta meraup profit maksimum.
             Selain itu pemasaran juga merupakan faktor penting dalam perekonomian, dan berakhir pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Oleh sebab itu pelaksanaan pemasaran harus mampu melihat dan membaca kebutuhan dan selera konsumen berdasarkan hasil survey pasar yang telah diperoleh oleh perusahaan.
             Studi tentang pemasaran semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan dunia usaha yang sudah maju, yang mana perannya sangat penting. Salah satu cara untuk memahami pemasaran adalah bahwa pemasaran itu merupakan disiplin ilmu yang dipergunakan oleh perusahaan untuk mengubah kebutuhan – kebutuhan konsumen menjadi peluang yang menguntungkan bagi perusahaan.
             Dalam memaparkan masalah pemaparan, tidak lepas dari pengertian pemasaran itu sendiri, beberapa ahli di bidang pemasaran memberikan pengertian dan definisi yang berbeda tentang pemasaran, sesuai dengan sudut pandang bagaimana mereka melihatnya, namun pada dasarnya mempunyai maksud dan tujuan yang sama.
           Menurut Kohler ( 2002 : 9 ) yang dimaksud dengan “pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok  mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”.
              Untuk definisi manajerial, pemasaran sering digambarkan sebagai “seni menjual produk” . akan tetapi, bagian yang paling penting dari pemasaran adalah bukan penjualan, penjualan hanya merupakan puncak gunung es pemasaran. Salah satu pernyataan Peter Drucker yang dikutip oleh Kohler ( 2002 : 9 ) , mengatakan sebagai berikut :
Orang dapat mengasumsikan bahwa akan selalu ada kebutuhan akan penjualan. Akan tetapi, tujuan pemasaran bukan untuk memperluas penjualan hingga kemana – mana . Tujuan pemasaran  adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya menjual dirinya sendiri. Idealnya pemasaran  hendaknya menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli. Semua yang dibutuhkan selanjutnya adalah adalah menyediakan produk atau jasa tersebut.

           Definisi lain dari pemasaran menurut American M arketing Asociation ( AMA ) yang  oleh Lamb, Klair, dan McDaniel ( 2001 : 6 ) yaitu : “Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi”.
          Dengan berbagai pengertian pemasaran, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian pemasaran di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian pemasaran sangat luas dan bersifat dinamis. Pemasaran bukan hanya transaksi jual beli antara produsen dan konsumen, tetapi merupakan kegiatan yang dimulai dari merencanakan, melaksanakan, hingga mengawasi dan mengevaluasi seluruh kegiatan pemasaran dengan harapan memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.


1.4.2 Konsep Pemasaran
            Meskipun peran pemasaran sangat penting dalam setiap kegiatan bisnis, pemahaman pengertiannya tidaklah seragam karena pengaruh beberapa faktor. Lingkungan, kondisi pasar, sifat produk, dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran yang dianut oleh masing – masing perusahaan tidaklah sama, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Secara definitif, dapatlah dikatakan bahwa : “ konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan “ ( Stanton : 1978 , www.id.wikipedia.org/wiki/manajemen_pemasaran/konsep_pemasaran  6 maret, 2010 )

1.4.3 Pengertian Strategi Pemasaran        
              Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat  Swhasta ( 1996 ), “Strategi adalah serangkaian  rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai  tujuannya”. Sehingga dalam menjalankan usaha, usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya.
               Berikut ini akan dikemukakan strategi pemasaran menurut  Alfred O. Chandler  yang dikutip oleh James A. F Stoner dan R. Edward Freeman ( 2000 : 97 ) , mengemukakan bahwa :                “ Strategi pemasaran adalah penentuan tujuan dan sasaran pokok jangka panjang  dari suatu usaha dan pengambilan  serangkaian tindakan – tindakan dan pengalokasian sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut”. Selanjutnya F. Gluech dan R. Jauch ( 1998 : 281 ) , mengemukakan bahwa : “ Strategi pemasaran adalah rencana yang disatukan, menyeluruh, dan terpadu yang mengaitkan keunggulan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan  bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan.


1.4.4 Pengertian  Segmentasi  Pasar  
              pada  dasarnya segmentasi pasar merupakan suatu strategi yang  didasarkan pada falsafah manajemen pemasaran yang berorientasi pada pasar. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya perusahaan di bidang pemasaran dapat digunakan secara efektif dan efisien.
              Segmentasi pasar menurut Rhenald Kasali dalam buku Nugroho J. Setiadi  ( 2008 : 56 ) , adalah: “Proses mengkotak – kotakkan pasar yang heterogen ke dalam potensial costumer yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter yang memilki respons yang sama dalam membelanjakan uangnya. Sofyan Assauri ( 2004 : 134 ) , mengemukakan bahwa : “Segmentasi Pasar adalah suatu cara untuk membedakan pasar menurut golongan  pembeli, cara penggunaan produk, dan tujuan pembelian produk tersebut”.  Lebih lanjut dikatakan Fandy Tjiptono ( 2008 : 69 ) , bahwa: “Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang  bersifat heterogen  ke dalam beberapa segmen, dimana masing – masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.





1.5 Metode Penelitian     
1.5.1 Kerangka Pikir
             Kompetisi dalam dunia bisnis adalah suatu keniscayaan. Hal ini dilatarbelakangi  munculnya pemain baru yang tentu saja meramaikan persaingan dengan menawarkan berbagai macam alternatif bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
             Untuk itu setiap perusahaan yang terlibat dan berkecimpung dalam suatu kompetisi bisnis idealnya harus melakukan pembenahan pada semua komponennya, khususnya pemasaran sebagai upaya mempertahankan  eksistensinya sebagai  pemimpin pasar dalam artian departemen pemasaran  harus merumuskan sebuah strategi yang mampu mengantisipasi atau paling tidak meminimalisasi ancaman yang menempa perusahaan. Salah satu solusinya yaitu implementasi stragtegi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan.
1.5.2  Jenis Penelitian     
                Jenis metode yang digunakan oleh penulis dalam penyusunan karya ilmiah ini adalah ‘studi literature’ yang mengumpulkan sejumlah referensi  dari berbagai buku yang relevan dan berkaitan dengan tema yang penulis angkat, dan berbagai referensi tersebut  kemudian dirangkum menjadi suatu karya tulis ilmiah berjudul “ Urgentsi Implementasi Strategi Segmentasi Pasar dalam Manajemen Pemasaran Perusahaan XYZ “
1.5.3 Metode Pengumpulan Data   
               Dalam penulisan karya tulis ilmiah ini metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah : ‘Penelitian Kepustakaan’ (Library Research) , yaitu : penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data melalui literature dan laporan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya yang relevan dan berkaitan dengan masalah yang dibahas.
1.5.4 Metode Analisis Data
               Metode analisis data yang digunakan oleh penulis dalam penulisan karya tulis ilmiah ini yaitu :
1.      Analisis deskriptif – kualitatif
Menjelaskan pengaruh urgent implementasi strategi segmentasi pasar pada manajemen pemasaran perusahaan XYZ terhadap pangsa pasar (market share) dan omzet penjualan produknya.
2.      Analisis komparatif
Menyusun suatu kesimpulan berdasarkan studi perbandingan  pengaruh implementasi stragtegi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan terhadap pangsa pasar ( market share ) dan omzet penjualan dari satu periode ke periode berikutnya.




DAFTAR PUSTAKA
Jauch, R lawrence, Gleuck, F. William . 1999 . Manajemen strategi dan Kebijakan Perusahaan                           .  Jakarta : Erlangga.





Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking