ANALISIS
URGENTSI IMPLEMENTASI STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM MANAJEMEN PEMASARAN
PERUSAHAAN “XYZ”
ASMIRUDDIN
SAFAR
A21112284
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR
TAHUN
AJARAN 2012/2013
1.1 Latar Belakang
Globalisasi
telah menjadi keniscayaan hari ini. Arus komunikasi dan informasi berlangsung
demikian cepat sehingga menjadi keharusan bagi suatu perusahaan untuk memiliki
kesiapan baik dari segi kualitas maupun kuantitas untuk melakukan sebuah upaya
bertahan dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, terlebih dengan
bergulirnya era pasar bebas yang tentu saja memberikan pengaruh yang signifikan
(langsung maupun tidak langsung) terhadap eksistensi perusahaan di dunia
bisnis.
Salah
satu contoh yang paling riil adalah banyaknya perusahaan jasa maupun produk
yang harus keluar dari dunia bisnis karena ternyata perusahaan dengan segala
perangkatnya tidak mampu bertahan dalam menghadapi tempaan – tempaan
ketidakpastian, apatah lagi hal tersebut diperparah dengan perubahan dunia bisnis
yang terjadi hampir dalam hitungan detik.
Dengan
adanya fenomena tersebut suatu perusahaan tentu saja harus memiliki sebuah
instrumen dan perangkat analisis yang memadai untuk menghilangkan atau paling
tidak meminimalisasi kondisi yang tidak menguntungkan tersebut. Sehingga
hanyalah perusahaan yang mampu membaca dan memahami setiap ancaman maupun
peluang yang ada untuk dapat menjadi pemenang atau paling tidak dapat bertahan
agar perusahaan tetap sustainable. Sementara perusahaan yang tidak mampu
melakukan pembacaan terhadap ancaman dan peluang yang ada akan terdepak dari
pertarungan bisnis.
Pada
kondisi semakin rentannya perusahaan terhadap ancaman yang ada maka pemasaran
nampaknya menjadi sebuah aksioma sebagai salah satu dimensi dunia bisnis yang
terdeteksi atau dunia pemasaran akan selalu mengalami proses dinamisasi.
Pemasaran dituntut untuk selalu melakukan refleksi terhadap setiap perubahan
yang terjadi khususnya di dunia bisnis. Untuk itu para ilmuan dan praktisi
pemasaran dituntut kemampuannya untuk membaca dan mengapresiasi secara maksimal
segala gejala dan perubahan yang sedang terjadi.
Sebagaimana
telah diketahui bahwa setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya selalu
dilandasi tujuan untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan melalui pertumbuhan
dan profitabilitas, sehingga dengan tujuan tersebut dituntut kemampuan para
manajer dalam mengelola perusahaan secara holistik agar perusahaan dapat tumbuh
dan berkembang. Namun, dalam usaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup
perusahaan, seringkali perusahaan dihadapkan pada berbagai masalah, seperti
kesulitan dalam meningkatkan penjualan, adanya persaingan yang cukup berat dari
perusahaan sejenis, kompleksnya perilaku konsumen terhadap suatu produk,
terutama selera konsumen yang selalu berubah dan juga kondisi perekonomian.
Sehubungan
dengan adanya persaingan yang semakin ketat, maka persoalan yang dihadapi
adalah bagaimana memproduksi barang, yang lebih penting lagi adalah bagaimana
agar produk yang dihasilkan dapat diterima pasar. Dengan melihat kenyataan yang
ada, maka perusahaan dituntut untuk bersikap tanggap dan adaptis terhadap
setiap perubahan yang terjadi, serta memikirkan langkah – langkah dalam
mengantisipasi kondisi tersebut.
Untuk
dapat mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pemasaran pada masa
sekarang, maka salah satu upaya yang dilaksanakan adalah perbaikan sistem
pemasaran (marketing management) ke arah suatu sistem yang efektif. Pemasaran
yang efektif dalam penerapannya bukan hanya sebagaimana meningkatkan volume penjualan
tetapi mengamati tingkah laku konsumen, serta memenuhi selera dan preferensi
konsumen melalui perbaikan kualitas, tempat yang mudah dijangkau, jumlah yang
sesuai, dan harga yang tepat pula. Untuk itu diperlukan strategi baik jangka
pendek maupun jangka panjang dengan melakukan kegiatan yang seksama tentang
aspek pemasaran, khususnya dalam implemetasi strategi segmentasi pasar.
Dalam
rangka meraup profit yang optimal sebagai tujuan dari perusahaan, tentunya
terlebih dahulu perusahaan harus mampu merebut pangsa pasar (market share) yang
besar, dan mungkin akan tercapai bila perusahaan cukup jeli melihat apa
kebutuhan dan preferensi konsumen, dan memetakannya dalam segmen – segmen
berdasarkan kategori tertentu atau yang dikenal dengan istilah strategi
segmentasi pasar. Keadaan demikian mengharuskan perusahaan membaca dan
bertindak cepat agar tidak didahului oleh perusahaan lain yang menjadi
kompetitornya.
Oleh
karena itu, untuk menarik konsumen melakukan pembelian produk maka perusahaan
harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang relevan dengan kondisi
pasar yang dihadapi. Salah satunya adalah strategi segmentasi atau pemetaan
target pasar dalam berbagai kategori untuk efektifitas pemasaran produk.
Seperti
yang disampaikan pada bagian awal sub-bab ini bahwa globalisasi merupakan suatu
keniscayaan, sehingga setiap perusahaan dituntut untuk adaptif terhadap
perubahan yang terjadi. Memasuki era perdagangan bebas AFTA (Asean Free Trade
Asociation) tahun 2003 lalu sampai sekarang, hampir semua organisasi bisnis
menghadapi kompetensi dan tantangan dalam suatu lingkungan yang sarat dengan
perubahan. Agar berhasil dalam kondisi seperti sekarang ini, diperlukan
strategi pemasaran berorientasi pasar yang dapat mengantisipasi seluruh
perubahan dalam preferensi dan selera konsumen, mengatasi ancaman persaingan
dan memperkuat elemen – elemen manajemen pemasaran dalam memperkuat keunggulan
bersaing.
Perubahan
pola bersaing global tersebut mutlak memerlukan analisis terhadap segala
kekuatan linkungan yang mempengaruhi perubahan secara sustainable. Menurut
Jauch dan Glueck (1999 : 82) “perusahaan yang secara sistematis menganalisis
linkungan akan lebih efektif daripada perusahaan yang tidak melakukannya.
Memandang
hal tersebut, urgentsi atau pentingnya implementasi strategi segmentasi pasar
dalam elemen – elemen manajemen
pemasaran perusahaan. Karena hal tersebut dipandang sebagai masalah yang krusial
dan sangat relevan dengan atmosfir kopetisi lingkungan bisnis saat ini.
Mengacu
pada latar belakang tersebut di atas, maka penulis tertarik memilih judul dalam
penulisan karya tulis ilmiah ini, yaitu : “ Analisis Urgentsi Implementasi
Strategi Segmentasi Pasar dalam Manajemen Pemasaran Perusahaan “XYZ””.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang
yang telah dikemukakan, maka rumusan masalah yang diangkat adalah :
1. Apakah urgentsi iplementasi
strategi segmentasi pasar dalam manjemen pemasaran perusahaan “XYZ”.
2. Bagaimana implementasi
strategi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan “XYZ” dan
regulasi fleksibilitas strategi dalam beradaptasi dengan perubahan yang terjadi
secara cepat dalam lingkungan bisnis.
3. Bagaimana pengembangan
strategi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan “XYZ” dalam
rangka meningkatkan kontribusinya secara simultan terhadap omzet penjualan
perusahaan dalam menghadapi masalah krusial dalam lingkungan bisnis.
1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan
Penelitian
a. Untuk mengetahui urgentsi
implementasi strategi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan
“XYZ”.
b. Untuk mengetahui metode
implementasi strategi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan
“XYZ” dan regulasi fleksibilitas strategi dalam beradaptasi dengan perubahan
yang terjadi dalam lingkungan bisnis.
c. Untuk mengetahui metode
pengembangan strategi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan
“XYZ” dalam rangka meningkatkan kontribusinya secara simultan terhadap omzet
penjualan perusahaan dalam menghadapi masalah kruisal dalam lingkungan bisnis.
d. Sebagai sarana pemenuhan
kewajiban mahasiswa berupa tugas akhir dalam mata kuliah Bahasa Indonesia.
Manfaat Penelitian
a. Sebagai bahan referensi dan
masukan bagi perusahaan ataupun elemen lain yang berkepentingan dalam hal
pengambilan keputusan mengenai strategi pemasaran yang tepat untuk produknya.
b. Sebagai acuan bagi yang ingin
mengembangkan suatu karya ilmiah yang identik dengan tema karya tulis ilmiah
ini, ataupun sebagai bahan analisis komparatif yang sama dengan karya tulis
ilmiah ini.
1.4 Tinjauan Pustaka
dan landasan teori
1.4.1 Pengertian
Pemasaran
Pemasaran sebagai salah satu fungsi dari
kegiatan perusahaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mempertahankan
kelangsungan perusahaan, mengembangkan usaha serta meraup profit maksimum.
Selain itu pemasaran juga
merupakan faktor penting dalam perekonomian, dan berakhir pada pemenuhan
kebutuhan konsumen. Oleh sebab itu pelaksanaan pemasaran harus mampu melihat
dan membaca kebutuhan dan selera konsumen berdasarkan hasil survey pasar yang
telah diperoleh oleh perusahaan.
Studi tentang pemasaran semakin
berkembang pesat seiring dengan perkembangan dunia usaha yang sudah maju, yang mana
perannya sangat penting. Salah satu cara untuk memahami pemasaran adalah bahwa
pemasaran itu merupakan disiplin ilmu yang dipergunakan oleh perusahaan untuk
mengubah kebutuhan – kebutuhan konsumen menjadi peluang yang menguntungkan bagi
perusahaan.
Dalam memaparkan masalah pemaparan,
tidak lepas dari pengertian pemasaran itu sendiri, beberapa ahli di bidang
pemasaran memberikan pengertian dan definisi yang berbeda tentang pemasaran,
sesuai dengan sudut pandang bagaimana mereka melihatnya, namun pada dasarnya
mempunyai maksud dan tujuan yang sama.
Menurut Kohler ( 2002 : 9 ) yang
dimaksud dengan “pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu
dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas
mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”.
Untuk definisi manajerial,
pemasaran sering digambarkan sebagai “seni menjual produk” . akan tetapi,
bagian yang paling penting dari pemasaran adalah bukan penjualan, penjualan
hanya merupakan puncak gunung es pemasaran. Salah satu pernyataan Peter Drucker
yang dikutip oleh Kohler ( 2002 : 9 ) , mengatakan sebagai berikut :
Orang dapat
mengasumsikan bahwa akan selalu ada kebutuhan akan penjualan. Akan tetapi,
tujuan pemasaran bukan untuk memperluas penjualan hingga kemana – mana . Tujuan
pemasaran adalah untuk mengetahui dan
memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan
pelanggan dan selanjutnya menjual dirinya sendiri. Idealnya pemasaran hendaknya menghasilkan seorang pelanggan yang
siap untuk membeli. Semua yang dibutuhkan selanjutnya adalah adalah menyediakan
produk atau jasa tersebut.
Definisi lain dari pemasaran menurut
American M arketing Asociation ( AMA ) yang
oleh Lamb, Klair, dan McDaniel ( 2001 : 6 ) yaitu : “Pemasaran merupakan
suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan distribusi
sejumlah ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu
memuaskan tujuan individu dan organisasi”.
Dengan berbagai pengertian pemasaran,
maka dapat disimpulkan bahwa pengertian pemasaran di atas, maka dapat
disimpulkan bahwa pengertian pemasaran sangat luas dan bersifat dinamis.
Pemasaran bukan hanya transaksi jual beli antara produsen dan konsumen, tetapi
merupakan kegiatan yang dimulai dari merencanakan, melaksanakan, hingga
mengawasi dan mengevaluasi seluruh kegiatan pemasaran dengan harapan memuaskan
konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
1.4.2 Konsep Pemasaran
Meskipun peran pemasaran sangat
penting dalam setiap kegiatan bisnis, pemahaman pengertiannya tidaklah seragam
karena pengaruh beberapa faktor. Lingkungan, kondisi pasar, sifat produk, dan
terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran
tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran yang dianut
oleh masing – masing perusahaan tidaklah sama, konsep pemasaran bertujuan
memberikan kepuasan terhadap kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada
kebutuhan konsumen. Secara definitif, dapatlah dikatakan bahwa : “ konsep
pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan
kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup
perusahaan “ ( Stanton : 1978 , www.id.wikipedia.org/wiki/manajemen_pemasaran/konsep_pemasaran 6 maret, 2010 )
1.4.3 Pengertian
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal
yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu
cara mencapai tujuan dari perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swhasta ( 1996 ), “Strategi adalah
serangkaian rancangan besar yang
menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya”. Sehingga dalam menjalankan usaha,
usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi
pemasarannya.
Berikut ini akan dikemukakan
strategi pemasaran menurut Alfred O.
Chandler yang dikutip oleh James A. F
Stoner dan R. Edward Freeman ( 2000 : 97 ) , mengemukakan bahwa : “ Strategi pemasaran adalah
penentuan tujuan dan sasaran pokok jangka panjang dari suatu usaha dan pengambilan serangkaian tindakan – tindakan dan
pengalokasian sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut”.
Selanjutnya F. Gluech dan R. Jauch ( 1998 : 281 ) , mengemukakan bahwa : “
Strategi pemasaran adalah rencana yang disatukan, menyeluruh, dan terpadu yang
mengaitkan keunggulan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan yang
dirancang untuk memastikan bahwa tujuan
utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan.
1.4.4 Pengertian Segmentasi
Pasar
pada dasarnya segmentasi pasar merupakan suatu
strategi yang didasarkan pada falsafah
manajemen pemasaran yang berorientasi pada pasar. Dengan melaksanakan
segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber
daya perusahaan di bidang pemasaran dapat digunakan secara efektif dan efisien.
Segmentasi pasar menurut Rhenald
Kasali dalam buku Nugroho J. Setiadi (
2008 : 56 ) , adalah: “Proses mengkotak – kotakkan pasar yang heterogen ke
dalam potensial costumer yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan
karakter yang memilki respons yang sama dalam membelanjakan uangnya. Sofyan
Assauri ( 2004 : 134 ) , mengemukakan bahwa : “Segmentasi Pasar adalah suatu
cara untuk membedakan pasar menurut golongan
pembeli, cara penggunaan produk, dan tujuan pembelian produk
tersebut”. Lebih lanjut dikatakan Fandy
Tjiptono ( 2008 : 69 ) , bahwa: “Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar
keseluruhan suatu produk atau jasa yang
bersifat heterogen ke dalam
beberapa segmen, dimana masing – masing segmennya cenderung bersifat homogen
dalam segala aspek.
1.5 Metode Penelitian
1.5.1 Kerangka Pikir
Kompetisi dalam dunia bisnis
adalah suatu keniscayaan. Hal ini dilatarbelakangi munculnya pemain baru yang tentu saja
meramaikan persaingan dengan menawarkan berbagai macam alternatif bagi konsumen
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
Untuk itu setiap perusahaan yang
terlibat dan berkecimpung dalam suatu kompetisi bisnis idealnya harus melakukan
pembenahan pada semua komponennya, khususnya pemasaran sebagai upaya
mempertahankan eksistensinya
sebagai pemimpin pasar dalam artian
departemen pemasaran harus merumuskan
sebuah strategi yang mampu mengantisipasi atau paling tidak meminimalisasi
ancaman yang menempa perusahaan. Salah satu solusinya yaitu implementasi
stragtegi segmentasi pasar dalam manajemen pemasaran perusahaan.
1.5.2 Jenis Penelitian
Jenis metode yang digunakan
oleh penulis dalam penyusunan karya ilmiah ini adalah ‘studi literature’ yang
mengumpulkan sejumlah referensi dari
berbagai buku yang relevan dan berkaitan dengan tema yang penulis angkat, dan
berbagai referensi tersebut kemudian
dirangkum menjadi suatu karya tulis ilmiah berjudul “ Urgentsi Implementasi
Strategi Segmentasi Pasar dalam Manajemen Pemasaran Perusahaan XYZ “
1.5.3 Metode
Pengumpulan Data
Dalam penulisan karya tulis
ilmiah ini metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah :
‘Penelitian Kepustakaan’ (Library Research) , yaitu : penelitian yang dilakukan
dengan mengumpulkan data melalui literature dan laporan penelitian yang pernah
dilakukan sebelumnya yang relevan dan berkaitan dengan masalah yang dibahas.
1.5.4 Metode Analisis
Data
Metode analisis data yang
digunakan oleh penulis dalam penulisan karya tulis ilmiah ini yaitu :
1. Analisis
deskriptif – kualitatif
Menjelaskan
pengaruh urgent implementasi strategi segmentasi pasar pada manajemen pemasaran
perusahaan XYZ terhadap pangsa pasar (market share) dan omzet penjualan
produknya.
2. Analisis
komparatif
Menyusun
suatu kesimpulan berdasarkan studi perbandingan
pengaruh implementasi stragtegi segmentasi pasar dalam manajemen
pemasaran perusahaan terhadap pangsa pasar ( market share ) dan omzet penjualan
dari satu periode ke periode berikutnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Jauch, R lawrence, Gleuck, F. William . 1999 . Manajemen strategi dan
Kebijakan Perusahaan
. Jakarta : Erlangga.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking